ARCHICAD
ArchiCAD adalah software BIM CAD arsitektur untuk
Macintosh dan Windows dikembangkan oleh perusahaan Hongaria Graphisoft.
ArchiCAD menawarkan solusi dibantu komputer untuk menangani semua aspek umum
dari estetika dan teknik selama proses desain keseluruhan lingkungan binaan -
bangunan, interior, daerah perkotaan,
Pengembangan ArchiCAD dimulai pada tahun 1982 untuk Apple Macintosh asli. Diluncurkan pada tahun 1987, dengan konsep "Virtual Building" Graphisoft ini, ArchiCAD menjadi dianggap oleh beberapa orang sebagai implementasi pertama dari BIM . ArchiCAD telah diakui sebagai CAD produk pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D geometri, serta produk BIM komersial pertama untuk komputer pribadi dan dianggap "revolusioner" untuk kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar informasi dalam model 3D.
Pengembangan ArchiCAD dimulai pada tahun 1982 untuk Apple Macintosh asli. Diluncurkan pada tahun 1987, dengan konsep "Virtual Building" Graphisoft ini, ArchiCAD menjadi dianggap oleh beberapa orang sebagai implementasi pertama dari BIM . ArchiCAD telah diakui sebagai CAD produk pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D geometri, serta produk BIM komersial pertama untuk komputer pribadi dan dianggap "revolusioner" untuk kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar informasi dalam model 3D.
ArchiCAD adalah desain suite lengkap dengan 2D dan 3D
drafting, visualisasi dan fungsi pemodelan bangunan informasi lainnya untuk
arsitek, desainer dan perencana. Berbagai macam aplikasi perangkat lunak yang
terintegrasi dalam ArchiCAD untuk menutupi sebagian besar kebutuhan desain
kantor arsitektur:
software CAD 2D - gambar alat untuk membuat gambar teknis yang akurat dan rinci
software CAD 2D - gambar alat untuk membuat gambar teknis yang akurat dan rinci
software 3D Modeling - antarmuka 3D CAD khusus
dikembangkan untuk arsitek mampu menciptakan berbagai jenis bentuk bangunan.
render arsitektur dan software Visualisasi - alat render kinerja tinggi untuk menghasilkan gambar atau video foto-realistis.
Desktop publishing software - dengan fitur serupa dengan software DTP utama untuk menyusun materi cetak menggunakan gambar teknis gambar berbasis pixel dan teks
alat manajemen dokumen - server penyimpanan data pusat dengan akses remote, alat versi dengan backup dan mengembalikan fitur.
software Building Information Modeling - bukan hanya koleksi aplikasi yang disebutkan di atas dengan user interface yang terintegrasi namun pendekatan baru untuk desain yang disebut membangun BIM.
render arsitektur dan software Visualisasi - alat render kinerja tinggi untuk menghasilkan gambar atau video foto-realistis.
Desktop publishing software - dengan fitur serupa dengan software DTP utama untuk menyusun materi cetak menggunakan gambar teknis gambar berbasis pixel dan teks
alat manajemen dokumen - server penyimpanan data pusat dengan akses remote, alat versi dengan backup dan mengembalikan fitur.
software Building Information Modeling - bukan hanya koleksi aplikasi yang disebutkan di atas dengan user interface yang terintegrasi namun pendekatan baru untuk desain yang disebut membangun BIM.
CHIEF ARCHITECT
Chief
Architect Premier X4 14.3
adalah hal yang Sistem Komputer
paparkan saat ini karena sangat menarik. Banyak hal yang mungkin bisa
didapatkan dari tulisan tentang Chief Architect
Premier X4 14.3 ini.
Chief Arsitek diciptakan untuk pasar Home Design Software profesional dan merupakan objek berbasis 3D pertama sistem CAD dengan prinsip desain objek cerdas; dikenal sebagai Gedung Informasi Modeling (BIM).
Tentang Software Chief Arsitek
Software Chief Arsitek adalah pengembang terkemuka dan penerbit perangkat lunak desain rumah 3D Arsitektur untuk kontraktor, desainer, arsitek dan DIY rumah penggemar. Untuk profesional, kami mempublikasikan Arsitek ® lini produk perangkat lunak Kepala, produk yang paling populer untuk desain rumah tinggal.
Tinjauan
Premier Chief Arsitek adalah untuk semua aspek desain komersial residensial dan ringan. Powerfull membangun dan merancang alat membantu para profesional desain cepat membuat rencana sesuai dengan praktek bangunan standar. Setiap elemen ditempatkan dalam rencana telah umum digunakan default untuk membuat proses desain yang efisien dan produktif. Ketika Anda menggambar dinding, program secara otomatis membuat model 3D dan menghasilkan Daftar Bahan. Ada alat Gedung kuat Otomatis dan Manual untuk menghasilkan Dokumen Konstruksi dengan Rencana Situs, Rencana Lantai, Rencana Framing, Rencana Listrik / HVAC, Rincian Bagian, dan Ketinggian. Akhirnya, Chief Arsitek termasuk alat desain untuk foto-realistis rendering, rendering Artistik dan Tur Virtual untuk membantu klien memvisualisasikan desain Anda.
AUTOCAD
AutoCAD adalah perangkat lunak
komputer CAD
untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk.
Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling
banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil,
land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan
lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format
data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto
menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan
dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft.
Versi untuk Unix
dan Macintosh
sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan.
AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC
atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman,
Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa
Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark,
Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.
Spesifikasi AutoCAD LT
AutoCAD LT adalah versi ringan dari AutoCAD. Berharga lebih murah
(sekitar US$ 900 versus sekitar US$ 4,000 untuk AutoCAD versi lengkap). AutoCAD
LT diciptakan oleh Autodesk untuk para pengguna yang hanya berminat untuk
menggambar 2 dimensi saja, tetapi AutoCAD LT masih mempunyai kemampuan untuk
melihat gambar 3 dimensi tanpa mampu melakukan editting.
AutoCAD memberikan potongan harga yang besar bagi penggunaan
AutoCAD utuk pendidikan (pelajar dan pengajar), baik lisensi 14 bulan maupun
lisensi perpetual tersedia. AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang
sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, perbedaannya hanyalah, pada versi
pelajar setiap data DWG yang dihasilkan atau di rubah terdapat data bendera
internal (bendera pendidikan).DWG (gambar) adalah format binary file yang
digunakan untuk menyimpan dua dan tiga dimensi data desain dan metadata. Ini
adalah format asli untuk paket CAD antara lain AutoCAD, IntelliCAD (dan
variannya) dan Caddie. Selain itu, DWG didukung non-aslinya oleh banyak
aplikasi CAD lainnya. .bak (backup gambar), DWS (menggambar standar).,.. Dwt
(template gambar) dan. Sv $ (save otomatis sementara) file juga file DWG. Kalau
gambar ini dicetak , maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau
banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gamabar ini diproduksi
dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang
digunakan untuk keperluan komersial.
Vertical programs
Autodesk juga mengembangkan beberapa program vertikal dari AutoCAD
untuk beberapa disiplin khusus. Contohnya AutoCAD Architecture (sebelumnya
disebut Architectural Desktop), memungkinkan arsitek untuk menggambar objek 3
dimensi dari tembok, pintu, jendela, dengan data yang lebih cerdas berhubungan
langsung dengan objek tersebut, daripada objek sederhana seperti gambar garis
dan lingkaran saja. Data bisa diprogram untuk menampilkan produk arsitektural
secara spesifik yang dijual di pasaran lengkap dengan harga dan merek objek
tersebut. Contoh lain adalah AutoCAD Mechanical (untuk insinyur teknik mesin),
AutoCAD Electrical (untuk insinyur teknik elektro), AutoCAD Civil 3D (untuk
insinyur teknik sipil), dan AutoCAD Map 3D (peta).
VEKTORWORK
Vectorworks peduli tentang desain. Sejak
tahun 1985, kami telah melayani industri arsitektur, lansekap, dan hiburan,
menggambar inspirasi dari dunia di sekitar kita dan mendorong lebih dari
setengah juta desainer yang menggunakan perangkat lunak kami untuk menciptakan
pengalaman yang mengubah dunia.
komitmen kami untuk mengembangkan terbaik cross-platform CAD dunia dan software BIM telah mengajarkan kita kebenaran yang sederhana: desain besar dimulai dengan inspirasi dari desainer. Vectorworks mendukung bahwa inspirasi dengan membimbing eksplorasi penemuan dan mencari solusi kreatif. Kami menyediakan alat yang ampuh untuk membantu desainer menangkap ide-ide, memupuk inovasi, berkomunikasi secara efektif, dan mewujudkan visi mereka.
Kami melayani mereka yang ingin menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun hal-hal yang benar-benar penting. Kami menyadari bahwa desain besar adalah tentang mengungkapkan peluang yang mengeksplorasi tak terduga sementara sepenuhnya memuaskan tuntutan dunia yang semakin kompleks. Kami mengakui nilai mimpi desainer dan berusaha untuk memfasilitasi penciptaan sesuatu yang benar-benar dihargai dan diposisikan secara unik untuk mengungkapkan yang terbaik dalam lingkungan dibangun.
komitmen kami untuk mengembangkan terbaik cross-platform CAD dunia dan software BIM telah mengajarkan kita kebenaran yang sederhana: desain besar dimulai dengan inspirasi dari desainer. Vectorworks mendukung bahwa inspirasi dengan membimbing eksplorasi penemuan dan mencari solusi kreatif. Kami menyediakan alat yang ampuh untuk membantu desainer menangkap ide-ide, memupuk inovasi, berkomunikasi secara efektif, dan mewujudkan visi mereka.
Kami melayani mereka yang ingin menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun hal-hal yang benar-benar penting. Kami menyadari bahwa desain besar adalah tentang mengungkapkan peluang yang mengeksplorasi tak terduga sementara sepenuhnya memuaskan tuntutan dunia yang semakin kompleks. Kami mengakui nilai mimpi desainer dan berusaha untuk memfasilitasi penciptaan sesuatu yang benar-benar dihargai dan diposisikan secara unik untuk mengungkapkan yang terbaik dalam lingkungan dibangun.
Mungkin bukan sesederhana untuk digunakan seperti perangkat lunak
lain, tetapi melalui keterlibatan desainer yang mampu menghasilkan hasil luar
biasa dan menghasilkan proyek-proyek luar biasa. Perlu waktu berjam-jam dan
kadang-kadang frustasi ketika Anda akan menjalani dalam proses belajar, semua
akan sia-sia, terutama ketika Anda sudah bisa membuat dengan cepat dan unik
desain setelah beberapa waktu. Perangkat lunak ini juga mendukung pemodelan
informasi gedung. Sebenarnya mudah untuk menggunakan aplikasi ini, bila Anda
terbiasa untuk itu. Ini adalah perangkat lunak yang cocok bagi mereka dengan
pengalaman dan mereka yang ingin memiliki hasil terbaik. Hal ini tidak
dianjurkan untuk waktu pertama dalam belajar desain arsitektur.
Vectorworks Int.
Arsitek: versi internasional 2D-3D profesional CAD Program Vectorworks
Fundamental 2014 arsitektur modul termasuk .. Tanpa manual.
Windows:
Win XP SP3 (32-bit) atau Windows Vista SP2 (32-bit) atau Windows 7
SP1 atau Windows 8
Prosesor:
Intel Core2 / Core2Duo atau lambat
4 GB RAM (8 GB lebih baik), DVD-ROM dual layer
Mac:
MacOS 10.6.8 atau yang lebih baru
Prosesor: Intel Core2Duo atau lambat
(PowerPC tidak lagi didukung!)
4 GB RAM (atau lebih baik 8 GB), DVD-ROM dual layer
(Sistem Operasi Win 95/98, ME, NT, 2000, Mac OS 9, Mac OS 10.4,
10.5. 10.6.7 dan TIDAK didukung lagi!)
Kartu Grafis:
Tidak ada chip grafis, hanya kartu grafis diskrit (NVIDIA
disarankan), 512 MB VRAM (1 GB lebih baik pada monitor yang lebih besar),
mendukung OpenGL v2.1
REVIT
Desain dan konstruksi perangkat lunak
Revit adalah aplikasi perangkat lunak tunggal yang mendukung alur kerja BIM dari konsep pembangunan. Gunakan Revit untuk model desain dengan presisi, mengoptimalkan kinerja, dan berkolaborasi dengan lebih efektif.
parametrik merupakan dasar untuk merancang komponen bangunan di Revit. desain niat Express untuk bagian dasar serta majelis rinci.
Berkolaborasi secara real time
Worksharing memungkinkan beberapa anggota tim untuk bekerja pada proyek yang sama pada waktu yang sama pada model bersama pusat.
tinggaldikoordinasikan Dengan Associativity dua arah, perubahan di mana saja adalah perubahan di mana-mana. informasi model Revit secara otomatis diperbarui sepanjang model.
Revit adalah aplikasi perangkat lunak tunggal yang mendukung alur kerja BIM dari konsep pembangunan. Gunakan Revit untuk model desain dengan presisi, mengoptimalkan kinerja, dan berkolaborasi dengan lebih efektif.
parametrik merupakan dasar untuk merancang komponen bangunan di Revit. desain niat Express untuk bagian dasar serta majelis rinci.
Berkolaborasi secara real time
Worksharing memungkinkan beberapa anggota tim untuk bekerja pada proyek yang sama pada waktu yang sama pada model bersama pusat.
tinggaldikoordinasikan Dengan Associativity dua arah, perubahan di mana saja adalah perubahan di mana-mana. informasi model Revit secara otomatis diperbarui sepanjang model.
SOFTPLAN
'SoftPlan 2016' memiliki semua alat dari platform sebelumnya dan
menambahkan fitur baru yang kuat dan menarik, tampilan 3D interaktif.
Arsitektur render Desain Software ExampleA tiga dimensi dari model Anda muncul di permintaan Anda selama setiap fase dari proses desain.
Lihat rendering dari perspektif yang berbeda, interior atau eksterior.
Menerapkan tekstur yang tak terhitung jumlahnya untuk permukaan tiga-dimensi, termasuk kayu, karpet, ubin, batu bata, dinding, membuat, dan bahkan tekstur kustom sendiri.
Menambahkan berbagai interior dan eksterior pencahayaan dengan luar biasa bayangan kehidupan nyata dan refleksi.
latar belakang impor dan gambar dari kamera Anda digital, web, scanner, dll
Desain Arsitektur Software
untuk memenuhi kebutuhan CAD Pengguna Residential
antarmuka Arsitektur Desain Software ExampleSoftPlan meliputi Menu Navigation baru. alat manajemen multi-file ini arus dan suplemen alat sebelumnya digunakan untuk mengatur gambar. Navigasi menu menggunakan drag dan drop gambar manajemen untuk melakukan tugas-tugas seperti perakitan lantai. penampang, Ketinggian, tampilan 3D, daftar bahan dan lebih semua dapat diakses menggunakan ini.
Arsitektur render Desain Software ExampleA tiga dimensi dari model Anda muncul di permintaan Anda selama setiap fase dari proses desain.
Lihat rendering dari perspektif yang berbeda, interior atau eksterior.
Menerapkan tekstur yang tak terhitung jumlahnya untuk permukaan tiga-dimensi, termasuk kayu, karpet, ubin, batu bata, dinding, membuat, dan bahkan tekstur kustom sendiri.
Menambahkan berbagai interior dan eksterior pencahayaan dengan luar biasa bayangan kehidupan nyata dan refleksi.
latar belakang impor dan gambar dari kamera Anda digital, web, scanner, dll
Desain Arsitektur Software
untuk memenuhi kebutuhan CAD Pengguna Residential
antarmuka Arsitektur Desain Software ExampleSoftPlan meliputi Menu Navigation baru. alat manajemen multi-file ini arus dan suplemen alat sebelumnya digunakan untuk mengatur gambar. Navigasi menu menggunakan drag dan drop gambar manajemen untuk melakukan tugas-tugas seperti perakitan lantai. penampang, Ketinggian, tampilan 3D, daftar bahan dan lebih semua dapat diakses menggunakan ini.
Akibatnya, langkah-langkah yang lebih sedikit diperlukan untuk melakukan
tugas-tugas penting. Pengguna dapat mengkonfigurasi SoftPlan persis kebutuhan
mereka dan orang-orang dari klien mereka, baik dalam metrik dan pengukuran
Imperial. SoftPlan 2016 memungkinkan beberapa gambar yang akan dibuka secara
bersamaan baik di jendela atau tab terpisah. Jendela anak sangat berguna ketika
menggunakan beberapa monitor. floorplan dapat dibuka pada satu layar sementara
model 3D dibuka di lain.
Perubahan yang dilakukan floorplan secara otomatis akan memperbarui model 3D dan perubahan yang dibuat untuk model akan diterapkan instan untuk floorplan.
Hampir semua item yang dapat ditambahkan ke floorplan 2D sekarang dapat ditarik dalam model 3D. Lebih dari 1.500 semua baru, kualitas tinggi simbol 3D yang tersedia, termasuk sampai dengan simbol tanggal produsen. Berbagai sion-dimensi, mengedit, mengatur dan memindahkan perintah semua tersedia dalam model 3D membuat proses desain lebih bebas mengalir.
SoftPlan 2016 termasuk multi-threaded ray baru tracing mesin rendering. Mesin baru ini memberi realistis grafis menggunakan fitur seperti foton pemetaan, bayangan ditingkatkan, oklusi ambien, refleksi yang lebih baik dan permukaan memancarkan. Semua perbaikan ini dan masih ini rilis hasil baru rendering lebih cepat, halus, satu-klik alat navigasi dan real time terbang-bys dari model. Ini mengukuhkan SoftPlan 2016 sebagai alat desain presentasi yang unggul.
Ini hanya beberapa hemat waktu dan fitur penting yang tim dengan alat veteran SoftPlan untuk menyediakan alat yang paling canggih dan komprehensif mengatur dalam industri.
Perubahan yang dilakukan floorplan secara otomatis akan memperbarui model 3D dan perubahan yang dibuat untuk model akan diterapkan instan untuk floorplan.
Hampir semua item yang dapat ditambahkan ke floorplan 2D sekarang dapat ditarik dalam model 3D. Lebih dari 1.500 semua baru, kualitas tinggi simbol 3D yang tersedia, termasuk sampai dengan simbol tanggal produsen. Berbagai sion-dimensi, mengedit, mengatur dan memindahkan perintah semua tersedia dalam model 3D membuat proses desain lebih bebas mengalir.
SoftPlan 2016 termasuk multi-threaded ray baru tracing mesin rendering. Mesin baru ini memberi realistis grafis menggunakan fitur seperti foton pemetaan, bayangan ditingkatkan, oklusi ambien, refleksi yang lebih baik dan permukaan memancarkan. Semua perbaikan ini dan masih ini rilis hasil baru rendering lebih cepat, halus, satu-klik alat navigasi dan real time terbang-bys dari model. Ini mengukuhkan SoftPlan 2016 sebagai alat desain presentasi yang unggul.
Ini hanya beberapa hemat waktu dan fitur penting yang tim dengan alat veteran SoftPlan untuk menyediakan alat yang paling canggih dan komprehensif mengatur dalam industri.
3D STUDIO MAX
Produk
asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan
oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang
untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX."
Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh
Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli
produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan
diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk
diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai
dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak
berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut
lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds
Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi
"Autodesk 3ds Max".
Pengertian 3Ds Max
Pengertian 3Ds Max
3D Studio Max (kadangkala
disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi,
ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai
Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari
pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix
kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.
Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds
Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah
diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling
luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti
penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba
bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Tampilan
Tampilan
Metode
pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
·
Pemodelan dengan primitif
·
NURMS(subdivision surfaces)
·
Surface tool
·
NURBS
·
Pemodelan polygon
Pemodelan
dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di
mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola,
"cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang
juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan,
dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja
sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan
balon".
Mental
Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin
untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada
program 3D Studio Max,
selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray
terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara
terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi
efek Global Illumination dan Indirect Illumination,
selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar
atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil
R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini
memiliki kelebihannya masing-masing.
Keunggulan dan Features 3Ds Max:
1. Kelebihan dan
Feature Ke 1
Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.
Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.
2. Kelebihan dan Feature Ke 2
Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu-persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.
3. Kelebihan dan
Feature Ke 3
Feature membuat
texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan
texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture
cartoon. Texture real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan
sifat dan karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan
diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan
menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan
texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan
adalah material Ink’npaint.
4. Kelebihan dan Feature ke 4
Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect.
5. Kelebihan dan Feature ke 5
Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic.
6. Kelebihan dan Feature ke 6
Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software 3ds max.
7. Kelebihan dan Feature ke 7
Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput.
8. Kelebihan dan Feature ke 8
Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata.
9. Kelebihan dan Feature ke 9
Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh.
10. Kelebihan dan Feature ke 10
Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay.
11. Kelebihan dan Feature ke 11
Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya.
SKETCHUP
Sketchup merupakan software 3D modeling untuk arsitektur, interior design, civil dan mekanikal, woodworking (pekerjaan perkayuan), film, video game, dll.
Sketchup merupakan software 3D modeling untuk arsitektur, interior design, civil dan mekanikal, woodworking (pekerjaan perkayuan), film, video game, dll.
Software ini merupakan program 3d modeling yang paling mudah digunakan dan paling ringan dalam pengoperasiannya di komputer / laptop, karena tidak memerlukan resource memori yang besar, dan softwarenya sendiri pun ukurannya relatif kecil jika dibandingkan dengan software-software 3d modeling lainnya.
Buat para pelajar, orang
awam ataupun karyawan yang ingin menguasai pemodelan 3dimensi dengan cepat, sketchup
sangat cocok karena software ini paling mudah dipelajari, karena teknik
pembuatan objek-objek 3Dnya hanya menggunakan teknik dasar "push-pull /
tekan-tarik (baca:klik-tarik)", di sertai tool modifikasi lainnya seperti
Line (pembuatan garis), dll.
Sebagai 3d software modeling paling gampang, proses material-mapping nya terhadap objek yang telah dibuatpun sangat mudah, misalnya jika anda membuat objek 3D dan anda ingin membuat objek tersebut memiliki tekstur batu, kayu, atau kaca, dll, maka anda hanya memerkukan 2 kali klik dari tool paint bucket. Mudah kan..?
Sebagai 3d software modeling paling gampang, proses material-mapping nya terhadap objek yang telah dibuatpun sangat mudah, misalnya jika anda membuat objek 3D dan anda ingin membuat objek tersebut memiliki tekstur batu, kayu, atau kaca, dll, maka anda hanya memerkukan 2 kali klik dari tool paint bucket. Mudah kan..?
Sketchup pertama kali
dikembangkan oleh perusahaan startup bernama @Last Software pada tahun 1999,
kemudian Sketchup dibeli oleh Google pada tahun 2006 hingga 2012. Kemudian oleh
Google sketchup dijual lagi ke Trimble Navigation Ltd. Trimble Navigation Ltd
sendiri merupakan perusahaan alat-alat navigasi, mapping (pemetaan) dan
surveying (survey).
Kamu dapat mendownload Sketchup di Sketchup.com
Download sumber-sumber plugin ada di smustard.com sini
Download semua library plug in ruby ada rhin.crai.archi.fr sini
Pada prinsipnya Sketchup merupakan sofware 3D modeling yang paling mudah, paling gampang, dan memiliki kualitas hasil modeling yang tidak kalah dengan software-software 3D modeling lainnya, seperti 3Dmax, Maya, Modo, Blender, Cinema 4D, dll.
Dengan kolaborasi file AutoCAD (.dwg) dan salah satu plugin render seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka dengan Sketchup dapat menciptakan objek yang intuitif dan photorealistic.
Berikut saya share bagaimana seorang arsitek menciptakan design 3D rumah tinggal dengan software SketchUp hingga menjadi hasil rendering yang "photorealistic".
1) Konsep Design dengan software AutoCAD.
Tahapan ini adalah tahapan yang paling lama dipikirkan oleh seorang arsitek, karena tidak bisa sembarangan dalam pembuatan konsep design. Konsep design biasanya dimulai dengan presentasi sketsa awal pada saat presentasi pertama dengan owner (pemilik rumah),dan dikembangkan setelahnya.
Ia harus disesuaikan dengan banyak hal seperti : bentuk dan luas lahan, sifat dan mobilitas yang punya rumah, jumlah ruangan yang dibutuhkan, fengsui / primbon, berbagai jenis material yang akan dipakai, koordinasi dalam hal model interior (oleh ahli interior), koordinasi dalam hal mekanikal dan elektrikal (oleh ahli M/E), perijinan IMB, dll.
Dalam mengimplementasikan konsep design dengan autocad, banyak arsitek senior yang dibantu oleh arsitek junior ataupun draftmen/drafter yang telah berpengalaman. Biasanya ini terjadi pada kantor konsultan arsitek besar yang mengerjakan banyak project, yang mana tidak bisa dikerjakan oleh satu orang baik membuat konsep maupun menggambarnya dengan autocad.
Klik image untuk memperbesar | Konsep design dengan AutoCAD
|
Ingin belajar autocad, klik Di Sini Cara Cepat
Menguasai AutoCAD.
2) Design 3D dengan SketchUp.
Setelah seorang arsitek membuat konsep design dalam hal ini rumah tinggal baik tampak depan, tampak belakang, ataupun tampak samping, maka langkah berikutnya adalah membuat 3D design dengan Sketchup. File autocad (.dwg) tersebut di import ke sketchup sebagai file acuan design 3D.
Berkebalikan dengan poin 1 & 2, ada juga seorang arsitek yang langsung membuat konsep 3D telebih dahulu. Setelah konsep 3D selesai kemudian meng-export-nya menjadi file cad (.dwg) untuk dibuatkan gambar 2D yang kemudian akan di-generate menjadi gambar kerja. Jika halnya demikian maka file cad (.dwg) siteplan lahan dapat di-import ke sketcup untuk pengembangan konsep 3Dnya agar langsung sesuai dengan bentuk dan kondisi siteplan.
Membuat gambar 2D gambar kerja dari 3D dilakukan dengan cara memotong gambar 3D pada bagian-bagian tertentu, seperti floorplan, room section, dan bagian-bagian lainnya. Metode ini biasanya dilakukan untuk proyek kecil sepeti rumah tinggal yang tidak akan memberatkan sistem komputer.
3) Finalisasi Design dan Ready for Construction
Dengan menggunakan salah satu plug in rendering seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka design 3D siap di render.
Setelah dirender ke dalam bentuk image, maka langkah berikutnya adalah mengedit hasil render dengan photoshop dengan teknik blending dan retouching hingga menghasilkan image yang "photorealistic"
Dengan sketchup anda dapat mendownload berbagai model 3D secara free di 3D Warehouse untuk mempercantik design yang anda buat. Misalnya: model window (jendela), model pintu (door), model planter box, pagar, model mobil, model meja, dll
Untuk update berita tentang sketchup kamu bisa lihat di Blog Sketchupdate
Untuk tips triknya bisa anda lihat di Tips and Tricks
for SketchUp
Demikian semoga artikel singkat ini bisa untuk menambah wawasan anda tentang design 3D dengan sketchup khususnya dan bagaimana seorang arsitek menciptakan project designnya.
Silahkan anda baca juga artikel yang masih berkaitan dengan software design;
Macam-macam Software untuk Design Arsitektur
Jika anda ingin membuat / memodifikasi rumah sendiri maka anda bisa mencoba software desain rumah paling mudah dengan software ini.
Semoga artikel beserta link library-nya, yang ada di blog ini bisa anda ingat/bookmark jika sewaktu-waktu anda berkeinginan membuat design 3D.
LUMION
Lumion adalah perangkat lunak
yang memungkinkan setiap arsitek untuk membuat video, gambar dan 360 panorama. program ini adalah versi
portabel, apa artinya?, Anda tidak memerlukan instalasi, hanya menyalin file
sebagai mana yang ditunjukkan di dalam paket ini. Selain itu anda dapat membuat
cahaya malam hari, siang hari maupun pencahayaan interior dengan rendering
kualitas tinggi.
Lumion bukan hanya program yang khusus untuk animasi saja,
menghasilkan rendering 2d tentu saja cuma sekejap mata…
untuk para arsitek yang dikejar deadline atau butuh presentasi cepat ke klien dengan hasil yang tidak mengecewakan, Lumion bisa jadi sangat membantu..
menghasilkan rendering 2d tentu saja cuma sekejap mata…
untuk para arsitek yang dikejar deadline atau butuh presentasi cepat ke klien dengan hasil yang tidak mengecewakan, Lumion bisa jadi sangat membantu..
Selain banyak efek yang diperoleh, tanaman, manusia, hewan, akan menghemat waktu rendering bila dilakukan di
program 3d biasanya
ada banyak plug in tanaman 3d di Lumion, dari rumput, semak,
sampai pohon2 yang besar.. plug in outdoor sampe interior juga ada, manusia 3d,
2d.
ini beberapa scene plug in efek yang ada di Lumion, bisa mengatur
cahaya matahari, refleksi, efek kamera.
RHINOCEROS
Rhino dapat membuat,
mengedit, menganalisa, dokumen, membuat, menghidupkan, dan menerjemahkan NURBS
* kurva, permukaan, dan padat, awan titik, dan jerat poligon. Tidak ada batasan
pada kompleksitas, derajat, atau ukuran luar yang keras Anda.
Fitur:
free-form 3-D alat pemodelan tanpa hambatan seperti yang ditemukan hanya dalam produk biaya 20 sampai 50 kali lebih. Model apapun bentuk yang dapat Anda bayangkan.
Akurasi yang diperlukan untuk merancang, prototipe, insinyur, menganalisis, dan memproduksi apa pun dari pesawat untuk perhiasan.
Kompatibilitas dengan semua desain lain, penyusunan, CAM, teknik, analisis, rendering, animasi, dan perangkat lunak ilustrasi.
Membaca dan memperbaiki jerat dan sangat menantang file IGES.
Diakses. Jadi mudah untuk belajar dan menggunakan yang Anda dapat fokus pada desain dan visualisasi tanpa terganggu oleh perangkat lunak.
Cepat, bahkan pada komputer laptop biasa. Tidak ada hardware khusus yang diperlukan.
platform pengembangan untuk ratusan produk pemodelan khusus. (Hanya Windows)
Terjangkau. hardware biasa. kurva belajar singkat. harga beli terjangkau. Tidak ada biayapemeliharaan.
Proses pembangunan Rhino 5 mulai dengan tujuan utama untuk menghapus sebanyak kemacetan alur kerja Anda mungkin. Itu berarti membuat Rhino lebih cepat dan mampu menangani jauh lebih besar model dan tim proyek, selain membuat ribuan perbaikan besar dan kecil.
Fitur:
free-form 3-D alat pemodelan tanpa hambatan seperti yang ditemukan hanya dalam produk biaya 20 sampai 50 kali lebih. Model apapun bentuk yang dapat Anda bayangkan.
Akurasi yang diperlukan untuk merancang, prototipe, insinyur, menganalisis, dan memproduksi apa pun dari pesawat untuk perhiasan.
Kompatibilitas dengan semua desain lain, penyusunan, CAM, teknik, analisis, rendering, animasi, dan perangkat lunak ilustrasi.
Membaca dan memperbaiki jerat dan sangat menantang file IGES.
Diakses. Jadi mudah untuk belajar dan menggunakan yang Anda dapat fokus pada desain dan visualisasi tanpa terganggu oleh perangkat lunak.
Cepat, bahkan pada komputer laptop biasa. Tidak ada hardware khusus yang diperlukan.
platform pengembangan untuk ratusan produk pemodelan khusus. (Hanya Windows)
Terjangkau. hardware biasa. kurva belajar singkat. harga beli terjangkau. Tidak ada biayapemeliharaan.
Proses pembangunan Rhino 5 mulai dengan tujuan utama untuk menghapus sebanyak kemacetan alur kerja Anda mungkin. Itu berarti membuat Rhino lebih cepat dan mampu menangani jauh lebih besar model dan tim proyek, selain membuat ribuan perbaikan besar dan kecil.
Tekla Structure
Software
Perusahaan EPC (Engineering Procurement
Construction), perusahaan- perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang
migas tentu akan bayar Anda lebih. Software TEKLA ini juga digunakan
untuk mendesain Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, dengan
ketinggian 830 m yang pekerjaan struktur dan arsitekturalnya dikerjakan dari 21
September 2004 - 1 Oktober 2009.
Tekla Structures adalah aplikasi pemodelan 3D yang mampu mendesain bermacam bentuk struktur fabrikasi mulai dari baja, beton, atau berbagai jenis material lainnya. Kita dapat memperoleh analisa dan hasil perhitungan, gambar, laporan, atau output lainnya dari satu model struktur. Tekla Structures memiliki tampilan standar API (Application Programming Interface) untuk menghubungkan analisis dan desain software. Software ini tidak perlu membuat dan memelihara berbagai analisa pemodelan secara terpisah (menggunakan software lain). Penarikan, Pembebanan, reaksi, dan defleksi, semuanya dapat ditampilkan sebagai bagian dari analisa struktur kita. Semua ketentuan/ ketetapan di simpan dari langkah sebelumnya. Jadi, Ketika terjadi perubahan, cukup memainkan analisa kemudian periksa hasil yang baru kita peroleh.
KELEBIHAN :
Software dapat digunakan untuk meganalisa permasalahan- permasalahan model struktur. Tekla Structure adalah software pemodelan multi-material dan multi-proses. Kita dapat menentukan dan menganalisa dalam suatu model 3D yang serupa, memperbaiki secara akurat semua pekerjaan struktur. Semua perubahan secara otomatis update sewaktu-waktu dilakukan revisi. Pemodelan dengan waktu singkat dan kemampuan mengoperasikan memberikan hasil manajemen proyek yang efisien. Dan yang paling hebatnya, Tekla Structures sungguh mudah digunakan dan dikuasai.
Tekla Structures dapat digabungkan dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada, atau semata-mata sebagai tempat untuk mengembangkan permasalahan internal biasa. Software ini terhubung dengan berbagai jenis system melewati Tekla Open API, contoh format biasa yang didukung oleh Tekla Structures adalah IFC, CIS/2,SDNF dam DSTV. Contoh dari format yang sudah jadi hak milik yang didukung oleh Tekla Structures adalah DWG, DXF, dan DGN. Berikut ini adalah beberapa tampilan/ screen shoot TEKLA saat digunakan dalam perencanaan struktur
Gambar 1. Pemodelan Gedung Struktur Baja dengan Tekla
Gambar 3. Pemasangan dan Penempatan Detail Sambungan secara
Langsung dengan Tekla
Gambar 4. Pemilihan Jenis- jenis Profil dan Tipe Sambungan yang
akan Digunakan
Gambar 5. Review dan Controll Model Sambungan
Gambar 6. Review dan Controll Model Base Plate
BLENDER
Pada tahun 1988 Ton
Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan
NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi
terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton
Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab
atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995
muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati
ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar
NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a
Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita
NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross
platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN
tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang
menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial
pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D
interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak
menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk
penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin
Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi
non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation
adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open
source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU
General Public License.
Pengertian
Blender beserta Kegunaannya
Blender merupakan OSS
(Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di
berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara
komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Untuk spekifikasi yang
dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
§ Intel pentium III atau
lebih/ AMD dsbg
§ Ram 64Mb
§ VGA 4Mb
§ Disk Space 35Mb
§ Windows 2000 dan lebih,
Linux.
Target di profesional
media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills
serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D
real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang
berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan,
menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing
non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk
berbagai sistem operasi, seperti:
§ Microsoft Windows
§ Mac OS X
§ Linux
§ IRIX
§ Solaris
§ NetBSD
§ FreeBSD
§ OpenBSD.
Perangkat lunak ini
berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya
tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Fitur
– Fitur Blender
Blender memiliki fitur
sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software
seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
§ Model: Obyek 3D tipe,
termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline;
multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python
Scripting
§ Rigging: Skeleton kode
ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
§ Animasi: animasi editor
non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose
editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
§ Rendering: raytracer
inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square
pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk
halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses
pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
§ UV unwrapping: Laurent
dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan;
falloff proporsional mengedit peta UV
§ Shading: membaur dan
shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
§ Fisika dan Partikel:
sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver
Realtime tubuh lembut
§ Imaging dan Komposisi:
multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan
operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk
gelombang dan U / V menyebar plits
§ Realtime 3D/Game
Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis
Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan
mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan
untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python
scripting; Audio
§ Lintas Platfrom dengan
GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi
windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem
Oprasi lainnya .
§ Kualitas tinggi
arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
§ Lebih dari 200.000
download (pengguna) dari seluruh dunia
§ Diekseskusi berukuran
kecil, dan distribusi rendah
Kelebihan
Blender
Blender adalah salah
satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia
khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender
dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
§ Open Source
Blender merupakan salah
satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya
untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General
Public License yang digunakan Blender.
§ Multi Platform
Karena sifatnya yang
open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti
Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi
Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
§ Update
Dengan status yang Open
Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini
jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan
jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak
tersedia di situs resmi blender.org melainkan
di graphicall.org
§ Free
Blender merupakan sebuah
software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena
luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu
dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam
mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan
seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar
untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
§ Lengkap
Blender memiliki fitur
yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain
Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node
Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di
bundling seperti Blender.
§ Ringan
Blender relatif ringan
jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk
menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran
dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa
digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih
lambat.
§ Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar
untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari
yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari
siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara
terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
ARTLANTIS
Artlantis adalah software render grafik
3D tercepat (berdiri sendiri bukan plugin) yang dikembangkan utamanya untuk
arsitek dan desainer, cocok untuk menciptakan resolusi tinggi 3D rendering
dengan cepat dan mudah, QuickTime VR Panoramas, QuickTime VR Objek dan animasi.
Dikenal memimpin dalam teknologi jendela pratinjau, Artlantis adalah perangkat
lunak render yang digunakan oleh arsitek, para perancang dan desain perkotaan
profesional di lebih dari 80 negara.
Keunggulan Artlantis terdapat pada waktu render yang cepat,
kemudahan navigasi (preview render real time) dan perbaruan data CAD kedalam
model secara instant, dengan tetap mempertahankan seting material, cahaya dan
posisi kamera dari file sebelumnya.
Sumber :
http://www.autodesk.com/products/revit-family/overview
https://originallathe.wordpress.com/2013/04/07/apa-itu-lumion-dan-rendering-lumion/
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar