Kamis, 15 September 2016

Makalah Software Penunjang Design Untuk Arsitektur



ARCHICAD
ArchiCAD adalah software BIM CAD arsitektur untuk Macintosh dan Windows dikembangkan oleh perusahaan Hongaria Graphisoft. ArchiCAD menawarkan solusi dibantu komputer untuk menangani semua aspek umum dari estetika dan teknik selama proses desain keseluruhan lingkungan binaan - bangunan, interior, daerah perkotaan,
Pengembangan ArchiCAD dimulai pada tahun 1982 untuk Apple Macintosh asli. Diluncurkan pada tahun 1987, dengan konsep "Virtual Building" Graphisoft ini, ArchiCAD menjadi dianggap oleh beberapa orang sebagai implementasi pertama dari BIM . ArchiCAD telah diakui sebagai CAD produk pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D geometri, serta produk BIM komersial pertama untuk komputer pribadi  dan dianggap "revolusioner" untuk kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar informasi dalam model 3D.
ArchiCAD adalah desain suite lengkap dengan 2D dan 3D drafting, visualisasi dan fungsi pemodelan bangunan informasi lainnya untuk arsitek, desainer dan perencana. Berbagai macam aplikasi perangkat lunak yang terintegrasi dalam ArchiCAD untuk menutupi sebagian besar kebutuhan desain kantor arsitektur:
 software CAD 2D - gambar alat untuk membuat gambar teknis yang akurat dan rinci
 software 3D Modeling - antarmuka 3D CAD khusus dikembangkan untuk arsitek mampu menciptakan berbagai jenis bentuk bangunan.
 render arsitektur dan software Visualisasi - alat render kinerja tinggi untuk menghasilkan gambar atau video foto-realistis
.
 Desktop publishing software - dengan fitur serupa dengan software DTP utama untuk menyusun materi cetak menggunakan gambar teknis gambar berbasis pixel dan teks
 alat manajemen dokumen - server penyimpanan data pusat dengan akses remote, alat versi dengan backup dan mengembalikan fitur
.
 software Building Information Modeling - bukan hanya koleksi aplikasi yang disebutkan di atas dengan user interface yang terintegrasi namun pendekatan baru untuk desain yang disebut membangun BIM
.


















CHIEF ARCHITECT
Chief Architect Premier X4 14.3 adalah hal yang Sistem Komputer paparkan saat ini karena sangat menarik. Banyak hal yang mungkin bisa didapatkan dari tulisan tentang Chief Architect Premier X4 14.3 ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0vzaC3vNmfBWSacIMVAuJ3HWcOvaSnUoxtW_IsTmXfROe5GS3UOYw-ORvi8HlVUsTzwoNLxFkMdeNCxDyAM227XVGdEVN1XMQQAymE5_ZtpORNfNGxzKtZTd_tFoa0HktX3DafZqM5hw/s320/Chief+Architect+Premier+X4+14.3.jpg

Chief Arsitek diciptakan untuk pasar Home Design Software profesional dan merupakan objek berbasis 3D pertama sistem CAD dengan prinsip desain objek cerdas; dikenal sebagai Gedung Informasi Modeling (BIM).

Tentang Software Chief Arsitek

Software Chief Arsitek adalah pengembang terkemuka dan penerbit perangkat lunak desain rumah 3D Arsitektur untuk kontraktor, desainer, arsitek dan DIY rumah penggemar. Untuk profesional, kami mempublikasikan Arsitek ® lini produk perangkat lunak Kepala, produk yang paling populer untuk desain rumah tinggal.

Tinjauan

Premier Chief Arsitek adalah untuk semua aspek desain komersial residensial dan ringan. Powerfull membangun dan merancang alat membantu para profesional desain cepat membuat rencana sesuai dengan praktek bangunan standar. Setiap elemen ditempatkan dalam rencana telah umum digunakan default untuk membuat proses desain yang efisien dan produktif. Ketika Anda menggambar dinding, program secara otomatis membuat model 3D dan menghasilkan Daftar Bahan. Ada alat Gedung kuat Otomatis dan Manual untuk menghasilkan Dokumen Konstruksi dengan Rencana Situs, Rencana Lantai, Rencana Framing, Rencana Listrik / HVAC, Rincian Bagian, dan Ketinggian. Akhirnya, Chief Arsitek termasuk alat desain untuk foto-realistis rendering, rendering Artistik dan Tur Virtual untuk membantu klien memvisualisasikan desain Anda.












AUTOCAD
AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Spesifikasi AutoCAD LT

AutoCAD LT adalah versi ringan dari AutoCAD. Berharga lebih murah (sekitar US$ 900 versus sekitar US$ 4,000 untuk AutoCAD versi lengkap). AutoCAD LT diciptakan oleh Autodesk untuk para pengguna yang hanya berminat untuk menggambar 2 dimensi saja, tetapi AutoCAD LT masih mempunyai kemampuan untuk melihat gambar 3 dimensi tanpa mampu melakukan editting.
AutoCAD memberikan potongan harga yang besar bagi penggunaan AutoCAD utuk pendidikan (pelajar dan pengajar), baik lisensi 14 bulan maupun lisensi perpetual tersedia. AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, perbedaannya hanyalah, pada versi pelajar setiap data DWG yang dihasilkan atau di rubah terdapat data bendera internal (bendera pendidikan).DWG (gambar) adalah format binary file yang digunakan untuk menyimpan dua dan tiga dimensi data desain dan metadata. Ini adalah format asli untuk paket CAD antara lain AutoCAD, IntelliCAD (dan variannya) dan Caddie. Selain itu, DWG didukung non-aslinya oleh banyak aplikasi CAD lainnya. .bak (backup gambar), DWS (menggambar standar).,.. Dwt (template gambar) dan. Sv $ (save otomatis sementara) file juga file DWG. Kalau gambar ini dicetak , maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gamabar ini diproduksi dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang digunakan untuk keperluan komersial.

Vertical programs

Autodesk juga mengembangkan beberapa program vertikal dari AutoCAD untuk beberapa disiplin khusus. Contohnya AutoCAD Architecture (sebelumnya disebut Architectural Desktop), memungkinkan arsitek untuk menggambar objek 3 dimensi dari tembok, pintu, jendela, dengan data yang lebih cerdas berhubungan langsung dengan objek tersebut, daripada objek sederhana seperti gambar garis dan lingkaran saja. Data bisa diprogram untuk menampilkan produk arsitektural secara spesifik yang dijual di pasaran lengkap dengan harga dan merek objek tersebut. Contoh lain adalah AutoCAD Mechanical (untuk insinyur teknik mesin), AutoCAD Electrical (untuk insinyur teknik elektro), AutoCAD Civil 3D (untuk insinyur teknik sipil), dan AutoCAD Map 3D (peta).


VEKTORWORK
Vectorworks peduli tentang desain. Sejak tahun 1985, kami telah melayani industri arsitektur, lansekap, dan hiburan, menggambar inspirasi dari dunia di sekitar kita dan mendorong lebih dari setengah juta desainer yang menggunakan perangkat lunak kami untuk menciptakan pengalaman yang mengubah dunia.

komitmen kami untuk mengembangkan terbaik cross-platform CAD dunia dan software BIM telah mengajarkan kita kebenaran yang sederhana: desain besar dimulai dengan inspirasi dari desainer. Vectorworks mendukung bahwa inspirasi dengan membimbing eksplorasi penemuan dan mencari solusi kreatif. Kami menyediakan alat yang ampuh untuk membantu desainer menangkap ide-ide, memupuk inovasi, berkomunikasi secara efektif, dan mewujudkan visi mereka.

Kami melayani mereka yang ingin menciptakan pengalaman yang berkesan dan membangun hal-hal yang benar-benar penting. Kami menyadari bahwa desain besar adalah tentang mengungkapkan peluang yang mengeksplorasi tak terduga sementara sepenuhnya memuaskan tuntutan dunia yang semakin kompleks. Kami mengakui nilai mimpi desainer dan berusaha untuk memfasilitasi penciptaan sesuatu yang benar-benar dihargai dan diposisikan secara unik untuk mengungkapkan yang terbaik dalam lingkungan dibangun.
Mungkin bukan sesederhana untuk digunakan seperti perangkat lunak lain, tetapi melalui keterlibatan desainer yang mampu menghasilkan hasil luar biasa dan menghasilkan proyek-proyek luar biasa. Perlu waktu berjam-jam dan kadang-kadang frustasi ketika Anda akan menjalani dalam proses belajar, semua akan sia-sia, terutama ketika Anda sudah bisa membuat dengan cepat dan unik desain setelah beberapa waktu. Perangkat lunak ini juga mendukung pemodelan informasi gedung. Sebenarnya mudah untuk menggunakan aplikasi ini, bila Anda terbiasa untuk itu. Ini adalah perangkat lunak yang cocok bagi mereka dengan pengalaman dan mereka yang ingin memiliki hasil terbaik. Hal ini tidak dianjurkan untuk waktu pertama dalam belajar desain arsitektur.
2679017_20130423105122Vectorworks Int. Arsitek: versi internasional 2D-3D profesional CAD Program Vectorworks Fundamental 2014 arsitektur modul termasuk .. Tanpa manual.

Windows:
Win XP SP3 (32-bit) atau Windows Vista SP2 (32-bit) atau Windows 7 SP1 atau Windows 8
Prosesor:
Intel Core2 / Core2Duo atau lambat
4 GB RAM (8 GB lebih baik), DVD-ROM dual layer
Mac:
MacOS 10.6.8 atau yang lebih baru
Prosesor: Intel Core2Duo atau lambat
(PowerPC tidak lagi didukung!)
4 GB RAM (atau lebih baik 8 GB), DVD-ROM dual layer
(Sistem Operasi Win 95/98, ME, NT, 2000, Mac OS 9, Mac OS 10.4, 10.5. 10.6.7 dan TIDAK didukung lagi!)
Kartu Grafis:
Tidak ada chip grafis, hanya kartu grafis diskrit (NVIDIA disarankan), 512 MB VRAM (1 GB lebih baik pada monitor yang lebih besar), mendukung OpenGL v2.1














REVIT
Desain dan konstruksi perangkat lunak
Revit adalah aplikasi perangkat lunak tunggal yang mendukung alur kerja BIM dari konsep pembangunan. Gunakan Revit untuk model desain dengan presisi, mengoptimalkan kinerja, dan berkolaborasi dengan lebih efektif.
parametrik merupakan dasar untuk merancang komponen bangunan di Revit. desain niat Express untuk bagian dasar serta majelis rinci.
Berkolaborasi secara real time

Worksharing memungkinkan beberapa anggota tim untuk bekerja pada proyek yang sama pada waktu yang sama pada model bersama pusat.
tinggaldikoordinasikan Dengan Associativity dua arah, perubahan di mana saja adalah perubahan di mana-mana. informasi model Revit secara otomatis diperbarui sepanjang model.








SOFTPLAN
'SoftPlan 2016' memiliki semua alat dari platform sebelumnya dan menambahkan fitur baru yang kuat dan menarik, tampilan 3D interaktif.

Arsitektur render Desain Software ExampleA tiga dimensi dari model Anda muncul di permintaan Anda selama setiap fase dari proses desain.

Lihat rendering dari perspektif yang berbeda, interior atau eksterior.

Menerapkan tekstur yang tak terhitung jumlahnya untuk permukaan tiga-dimensi, termasuk kayu, karpet, ubin, batu bata, dinding, membuat, dan bahkan tekstur kustom sendiri.

Menambahkan berbagai interior dan eksterior pencahayaan dengan luar biasa bayangan kehidupan nyata dan refleksi.

latar belakang impor dan gambar dari kamera Anda digital, web, scanner, dll
Desain Arsitektur Software
untuk memenuhi kebutuhan CAD Pengguna Residential

antarmuka Arsitektur Desain Software ExampleSoftPlan meliputi Menu Navigation baru. alat manajemen multi-file ini arus dan suplemen alat sebelumnya digunakan untuk mengatur gambar. Navigasi menu menggunakan drag dan drop gambar manajemen untuk melakukan tugas-tugas seperti perakitan lantai. penampang, Ketinggian, tampilan 3D, daftar bahan dan lebih semua dapat diakses menggunakan ini.


Akibatnya, langkah-langkah yang lebih sedikit diperlukan untuk melakukan tugas-tugas penting. Pengguna dapat mengkonfigurasi SoftPlan persis kebutuhan mereka dan orang-orang dari klien mereka, baik dalam metrik dan pengukuran Imperial. SoftPlan 2016 memungkinkan beberapa gambar yang akan dibuka secara bersamaan baik di jendela atau tab terpisah. Jendela anak sangat berguna ketika menggunakan beberapa monitor. floorplan dapat dibuka pada satu layar sementara model 3D dibuka di lain.

Perubahan yang dilakukan floorplan secara otomatis akan memperbarui model 3D dan perubahan yang dibuat untuk model akan diterapkan instan untuk floorplan.

Hampir semua item yang dapat ditambahkan ke floorplan 2D sekarang dapat ditarik dalam model 3D. Lebih dari 1.500 semua baru, kualitas tinggi simbol 3D yang tersedia, termasuk sampai dengan simbol tanggal produsen. Berbagai sion-dimensi, mengedit, mengatur dan memindahkan perintah semua tersedia dalam model 3D membuat proses desain lebih bebas mengalir.

SoftPlan 2016 termasuk multi-threaded ray baru tracing mesin rendering. Mesin baru ini memberi realistis grafis menggunakan fitur seperti foton pemetaan, bayangan ditingkatkan, oklusi ambien, refleksi yang lebih baik dan permukaan memancarkan. Semua perbaikan ini dan masih ini rilis hasil baru rendering lebih cepat, halus, satu-klik alat navigasi dan real time terbang-bys dari model. Ini mengukuhkan SoftPlan 2016 sebagai alat desain presentasi yang unggul.

Ini hanya beberapa hemat waktu dan fitur penting yang tim dengan alat veteran SoftPlan untuk menyediakan alat yang paling canggih dan komprehensif mengatur dalam industri.




















3D STUDIO MAX
Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".

Pengertian 3Ds Max
          3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
         3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

Tampilan


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1B3E0kHim4lbLJNdcz-ARyuJ810V51gnqdmid-MpXzGPgEzHrRj86MyrYjZUwxLVPA20Z7LmGqSc0DpMezbiK2dKVA6tw0Oo0cLPSbQQbXoTA5wXPezeGR5xbevcJQGQj-0BcIp4bTrCY/s1600/1.jpg

Metode pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
·         Pemodelan dengan primitif
·         NURMS(subdivision surfaces)
·         Surface tool
·         NURBS
·         Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
       Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray
       Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.   

Keunggulan dan Features 3Ds Max:

1. Kelebihan dan Feature Ke 1

      Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.

      Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).


        Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.


2. Kelebihan dan Feature Ke 2


       Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu-persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNcK1qbGn76QWmuWcW_ZvqUxkt-aeFa3rkBLiQbQTCbNR0DoM-TKShQ4aHRg1c6njm91p4_Ic-5E4JQibYcCi-tns3cTY40VgQ_vjSn7nDOKFF5u9XrIdvI5sBkv26_xW-rYxyB1PxCZLd/s1600/1.png

3. Kelebihan dan Feature Ke 3

        Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material Ink’npaint.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqDnnmj7nK7d-W0MF_JIjZt3CI9k7IbSkm6gS8IdU-IQ2hUjEQv-x3uYw57KTdrixSxdfOImlvnF7-iowprE0aMnz1nPYokK9Gc-ANikwd3CRiWOQwHbfdLFALZS9lP5A0vnDOsBlP0t1_/s1600/12.png


4. Kelebihan dan Feature ke 4


        Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiznZ1tZPIQJiNOb0ueCdp46oeT6pX6f0Lp9G_vj__1IMzddLlCXyVEQDuqkl5YsXItuq-MMjSR_bMHcnGUyxuoOrjxv6lWmeMOS5x_S-IZ3IHUtPF6GkPPv8hLiVma7d6Nku_nowyAYlv/s1600/13.png

5. Kelebihan dan Feature ke 5


         Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA9vqnUr4tFfug3V4CbC48A5wcJSShBW_pDbUpDWywdZaqWp-xe8Ihw0sjhw1oETcsWF3oez8M9l0xPmt0rcxTbNCpsWd7cothyphenhyphenPN_A3WCBoQ0jiyDSpCGnAJbbau6OxMURTl1az6Aduk_/s1600/14.png

6. Kelebihan dan Feature ke 6

         Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software 3ds max.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLRJjWb-eRb4rbPTDMrw_IWSfYu5XJ__pvCFZtBs2woNzMnGUe6jFfZOgvKX8M03cTFKvFnxDStaRWxnvqaEmdvs9HM3giXjoDrBEcMipvOaAxKrn1vlLKZAjcf8C898uvp_jv_SFXhlSv/s1600/15.png

7. Kelebihan dan Feature ke 7

         Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1z7jVK5w4ZVfjZRxjeobwucypSNhfeCcvacWbeoBRoDjR6o-jUpoQiNXQ-mwRaXzManexf2CWXj9-lEVAs03v1PFPTu5mcamYrc81JvWac13QMKGoXZc9faGowvdqdIe1U2i_aGsjzwrL/s1600/16.png

8. Kelebihan dan Feature ke 8

         Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3CMNnxlRZl9lSoRYzihNqkY6p416fUsxeYe_mMofVa4lVTlGn5MVno16OC_uy9NAXSfnFrFrUsGzVPK7WiCPq6Dbg3vm9Drv0Xs8hKSjMvnUcj1cHmrC3r9ZIdef_AN6Fv2zBw21w4euk/s1600/17.png

9. Kelebihan dan Feature ke 9

          Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYhsWhBTso8iqwg5lWxSEthpquMCh_xIo-2rZ4gn22tNa3_4dHoxYPCUQkfSuTzEhTufvzkz1l1KWO2QDAf3bo1cMPQyuWP7eoxiAzvViz3LRCjmLUAB9A5_Al3bcNxtiIpwuQiRcUgKyH/s1600/18.png

10. Kelebihan dan Feature ke 10

         Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIKhivD3l03CPbguIsIeBaWPMJc-y8ba4dreoGOuW3MmveVs0tiZy2OrPbrUcSQSFsWpTcdXjtl_M34kUHxbFVXcmEF5wn7e1pOI-RSQZDd9HIs9j7IxWlENFwHviHMOItxhDFn1YR3dpJ/s1600/19.png


11. Kelebihan dan Feature ke 11

         Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaoM0zeukJs6jtkb0IsWuKTded2cnHq69EWxJKQkf3Z42e9Z4TUVJ0Kr0-LEJC7g67ffyo-m00p91iWtvg9XJCDMXrK8BgYyqQuRHiGEKP0-Q59HbY1P5wvn-VJdCRJ4MX3wXtaeSlWVpo/s1600/20.png










SKETCHUP
Sketchup merupakan software 3D modeling untuk arsitektur, interior design, civil dan mekanikal, woodworking (pekerjaan perkayuan), film, video game, dll.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgc8pXtOsVDZmQYo7hk4NmDMzGCaAtNwkeUNUbQ0pVQUEGJbOMVnoMSh1BW0HgYLdJ446NFInc3VHNBATeF-JEEQhAAvgtz0QHiFmBn57ZeaL0jNSy4hCSMiBl_yxByadmNRyNgq6-6aJFE/s400/sketchupok.png
Sketchup covered project preview

Software ini merupakan program 3d modeling yang paling mudah digunakan dan paling ringan dalam pengoperasiannya di komputer / laptop, karena tidak memerlukan resource memori yang besar, dan softwarenya sendiri pun ukurannya relatif kecil jika dibandingkan dengan software-software 3d modeling lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSNuNRdL5WO4iI1rXvK1FYzX4MBLnIKvCfwUQ3Z06G_HsCIcOml2KnmXweSuNMKcpsJfE6yGMUhc2QNWAeCRGq4N3XOUswCI2VMERqReVPha-HEFAzxRqwSCBRK9CL3RegjvTWs1WR71fJ/s400/01.sketchup.png
Sketchup installer
Buat para pelajar, orang awam ataupun karyawan yang ingin menguasai pemodelan 3dimensi dengan cepat, sketchup sangat cocok karena software ini paling mudah dipelajari, karena teknik pembuatan objek-objek 3Dnya hanya menggunakan teknik dasar "push-pull / tekan-tarik (baca:klik-tarik)", di sertai tool modifikasi lainnya seperti Line (pembuatan garis), dll.

Sebagai 3d software modeling paling gampang, proses material-mapping nya terhadap objek yang telah dibuatpun sangat mudah, misalnya jika anda membuat objek 3D dan anda ingin membuat objek tersebut memiliki tekstur batu, kayu, atau kaca, dll, maka anda hanya memerkukan 2 kali klik dari tool paint bucket. Mudah kan..?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjP68fAjJ2xo43rj96BArAW4x0DZQeMuPyL96YsrEJtPM1oXuH4Nut1sPKzYHynMKaPbZO3Fbx3QmNu8nbTUkI2QFXFQzoQyicQJybxDgpNUDbiso253vaReg75KO-vWdDl_wWxhlGhcz2/s400/03.sketchup+pro+2013.png
Preview Of Sketchup | 3d Model
Sketchup pertama kali dikembangkan oleh perusahaan startup bernama @Last Software pada tahun 1999, kemudian Sketchup dibeli oleh Google pada tahun 2006 hingga 2012. Kemudian oleh Google sketchup dijual lagi ke Trimble Navigation Ltd. Trimble Navigation Ltd sendiri merupakan perusahaan alat-alat navigasi, mapping (pemetaan) dan surveying (survey).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZVUgfd0_MXV9zgPLJDO8LQL_2-UdHfIJjxMEoHhKDJ1jR6D4ch4rC0WAhJ8geUCgOq1V55OLSFnfKuf2skuPjC6s8aCtcHuhVbH301uSYYDkm77hwxJ6cbk6mJBst3GkoDPY7LaJNfjIl/s400/Slide_1.gif
img.property | github.com

Kamu dapat mendownload Sketchup di Sketchup.com
Download sumber-sumber plugin ada di smustard.com sini
Download semua library plug in ruby ada rhin.crai.archi.fr sini

Pada prinsipnya Sketchup merupakan sofware 3D modeling yang paling mudah, paling gampang, dan memiliki kualitas hasil modeling yang tidak kalah dengan software-software 3D modeling lainnya, seperti 3Dmax, Maya, Modo, Blender, Cinema 4D, dll.

Dengan kolaborasi file AutoCAD (.dwg) dan salah satu plugin render seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka dengan Sketchup dapat menciptakan objek yang intuitif dan photorealistic.

Berikut saya share bagaimana seorang arsitek menciptakan design 3D rumah tinggal dengan software SketchUp hingga menjadi hasil rendering yang "photorealistic".

1) Konsep Design dengan software AutoCAD.
Tahapan ini adalah tahapan yang paling lama dipikirkan oleh seorang arsitek, karena tidak bisa sembarangan dalam pembuatan konsep design. Konsep design biasanya dimulai dengan presentasi sketsa awal pada saat presentasi pertama dengan owner (pemilik rumah),dan dikembangkan setelahnya.
Ia harus disesuaikan dengan banyak hal seperti : bentuk dan luas lahan, sifat dan mobilitas yang punya rumah, jumlah ruangan yang dibutuhkan, fengsui / primbon, berbagai jenis material yang akan dipakai, koordinasi dalam hal model interior (oleh ahli interior), koordinasi dalam hal mekanikal dan elektrikal (oleh ahli M/E), perijinan IMB, dll.

Dalam mengimplementasikan konsep design dengan autocad, banyak arsitek senior yang dibantu oleh arsitek junior ataupun draftmen/drafter yang telah berpengalaman. Biasanya ini terjadi pada kantor konsultan arsitek besar yang mengerjakan banyak project, yang mana tidak bisa dikerjakan oleh satu orang baik membuat konsep maupun menggambarnya dengan autocad.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8kUc0IjAmNJ7z7prvs4CWbDFU-jEzJuNmD_7BDraD6N6Yq3fLpThuq4mGPeuKoilvNxy-Zkd8ZxouCHFrrSrdqM60_0q7CjqqMcr3LeIFkyzkVkg2yP-KVrDuxMk39vmeE26p6ATg60_j/s400/cad_dwg.png
Klik image untuk memperbesar | Konsep design dengan AutoCAD

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrrJNduekaIVsvnJA5je25c1TssYChoBTV-V3hd6PkYOb5HX6zSVEXdG-LXl-6h1tOp7FHnkeSI7CRD3iH0fSZGTNgZwNhkReE1vlB1x2gklMmBJSzs8myX1hxUXehDNcws9i38MIby1xd/s400/cad_dwg1.png
Klik image untuk memperbesar | Konsep design dengan AutoCAD
Ingin belajar autocad, klik Di Sini Cara Cepat Menguasai AutoCAD.

2) Design 3D dengan SketchUp.
Setelah seorang arsitek membuat konsep design dalam hal ini rumah tinggal baik tampak depan, tampak belakang, ataupun tampak samping, maka langkah berikutnya adalah membuat 3D design dengan Sketchup. File autocad (.dwg) tersebut di import ke sketchup sebagai file acuan design 3D.

Berkebalikan dengan poin 1 & 2, ada juga seorang arsitek yang langsung membuat konsep 3D telebih dahulu. Setelah konsep 3D selesai kemudian meng-export-nya menjadi file cad (.dwg) untuk dibuatkan gambar 2D yang kemudian akan di-generate menjadi gambar kerja. Jika halnya demikian maka file cad (.dwg) siteplan lahan dapat di-import  ke sketcup untuk pengembangan konsep 3Dnya agar langsung sesuai dengan bentuk dan kondisi siteplan.
Membuat gambar 2D gambar kerja dari 3D dilakukan dengan cara memotong gambar 3D pada bagian-bagian tertentu, seperti floorplan, room section, dan bagian-bagian lainnya. Metode ini biasanya dilakukan untuk proyek kecil sepeti rumah tinggal yang tidak akan memberatkan sistem komputer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR0yozkgjNcr6PlWG7um16dSNv1d5de-X5jmiCBTVJT6GJrkMVavxbATAEQV9e8ZkJrjoRF0HgTTv5iPnn4cnfJLEHKmlfZurQ56oVSX47rJCsTDml22c_9momY8WM4CD1EzdU2SigH3tP/s400/3d.skp.view.png
Klik image untuk memperbesar | Design 3D dengan Sketchup

3) Finalisasi Design dan Ready for Construction
Dengan menggunakan salah satu plug in rendering seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka design 3D siap di render.
Setelah dirender ke dalam bentuk image, maka langkah berikutnya adalah mengedit hasil render dengan photoshop dengan teknik blending dan retouching hingga menghasilkan image yang "photorealistic"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvv78xZ76Hiv1dFw53D6jKu7LywrFM1aqoclqCd-931Fh4HHX2TMB8BqgZRmMJz7bOp9fnwy_9K1D7_mN8R2psGCiHdg8khz5C3JTPo6FCOMobDY-NMQ1h09fbxQdxJ34mAkacu_Kbihlw/s400/3d_img_view.jpg
Klik image untuk memperbesar | Hasil render dan editing photorealistic

Dengan sketchup anda dapat mendownload berbagai model 3D secara free di 3D Warehouse untuk mempercantik design yang anda buat. Misalnya:  model window (jendela), model pintu (door), model planter box, pagar, model mobil, model meja, dll
Untuk update berita tentang sketchup kamu bisa lihat di Blog Sketchupdate
Untuk tips triknya bisa anda lihat di Tips and Tricks for SketchUp

Demikian semoga artikel singkat ini bisa untuk menambah wawasan anda tentang design 3D dengan sketchup khususnya dan bagaimana seorang arsitek menciptakan project designnya.

Silahkan anda baca juga artikel yang masih berkaitan dengan software design;
Macam-macam Software untuk Design Arsitektur

Jika anda ingin membuat / memodifikasi rumah sendiri maka anda bisa mencoba software desain rumah paling mudah dengan software ini.

Semoga artikel beserta link library-nya, yang ada di blog ini bisa anda ingat/bookmark jika sewaktu-waktu anda berkeinginan membuat design 3D.







LUMION
Lumion adalah perangkat lunak yang memungkinkan setiap arsitek untuk membuat video, gambar dan 360 panorama. program ini adalah versi portabel, apa artinya?, Anda tidak memerlukan instalasi, hanya menyalin file sebagai mana yang ditunjukkan di dalam paket ini. Selain itu anda dapat membuat cahaya malam hari, siang hari maupun pencahayaan interior dengan rendering kualitas tinggi.
Lumion bukan hanya program yang khusus untuk animasi saja,
menghasilkan rendering 2d tentu saja cuma sekejap mata…
untuk para arsitek yang dikejar deadline atau butuh presentasi cepat ke klien dengan hasil yang tidak mengecewakan, Lumion bisa jadi sangat membantu..
Selain banyak efek yang diperoleh, tanaman, manusia, hewan, akan  menghemat waktu rendering bila dilakukan di program 3d biasanya
ada banyak plug in tanaman 3d di Lumion, dari rumput, semak, sampai pohon2 yang besar.. plug in outdoor sampe interior juga ada, manusia 3d, 2d.
ini beberapa scene plug in efek yang ada di Lumion, bisa mengatur cahaya matahari, refleksi, efek kamera.

5237851_201303051121445237851_201303051124325237851_20130305112644










RHINOCEROS
Rhino dapat membuat, mengedit, menganalisa, dokumen, membuat, menghidupkan, dan menerjemahkan NURBS * kurva, permukaan, dan padat, awan titik, dan jerat poligon. Tidak ada batasan pada kompleksitas, derajat, atau ukuran luar yang keras Anda.

Fitur:

    free-form 3-D alat pemodelan tanpa hambatan seperti yang ditemukan hanya dalam produk biaya 20 sampai 50 kali lebih. Model apapun bentuk yang dapat Anda bayangkan.
    Akurasi yang diperlukan untuk merancang, prototipe, insinyur, menganalisis, dan memproduksi apa pun dari pesawat untuk perhiasan.
    Kompatibilitas dengan semua desain lain, penyusunan, CAM, teknik, analisis, rendering, animasi, dan perangkat lunak ilustrasi.
    Membaca dan memperbaiki jerat dan sangat menantang file IGES.
    Diakses. Jadi mudah untuk belajar dan menggunakan yang Anda dapat fokus pada desain dan visualisasi tanpa terganggu oleh perangkat lunak.
    Cepat, bahkan pada komputer laptop biasa. Tidak ada hardware khusus yang diperlukan.
    platform pengembangan untuk ratusan produk pemodelan khusus. (Hanya Windows)
    Terjangkau. hardware biasa. kurva belajar singkat. harga beli terjangkau. Tidak ada biayapemeliharaan.
Proses pembangunan Rhino 5 mulai dengan tujuan utama untuk menghapus sebanyak kemacetan alur kerja Anda mungkin. Itu berarti membuat Rhino lebih cepat dan mampu menangani jauh lebih besar model dan tim proyek, selain membuat ribuan perbaikan besar dan kecil.
Tekla Structure Software
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5mkfkOYaWiCGrhKXc2eaG2JuvuQtXrJmXlGddKhSJ0BkRFnC_M2KeHlTUQ5DR9nXJNnKsotFNhZzeAOi5iM77bq1GmFX7znN0-zlQpc8euMa_LdsaVAkHmciphjN9E5TU4bn_7cWQqNU/s200/gambar-tekla.jpg
Perusahaan EPC (Engineering Procurement Construction), perusahaan- perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang migas tentu akan bayar Anda lebih. Software TEKLA ini juga digunakan untuk mendesain Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, dengan ketinggian 830 m yang pekerjaan struktur dan arsitekturalnya dikerjakan dari 21 September 2004 - 1 Oktober 2009.

Tekla Structures adalah aplikasi pemodelan 3D yang mampu mendesain bermacam bentuk struktur fabrikasi mulai dari baja, beton, atau berbagai jenis material lainnya. Kita dapat memperoleh analisa dan hasil perhitungan, gambar, laporan, atau output lainnya dari satu model struktur. Tekla Structures memiliki tampilan standar API (Application Programming Interface) untuk menghubungkan analisis dan desain software. Software ini tidak perlu membuat dan memelihara berbagai analisa pemodelan secara terpisah (menggunakan software lain). Penarikan, Pembebanan, reaksi, dan defleksi, semuanya dapat ditampilkan sebagai bagian dari analisa struktur kita. Semua ketentuan/ ketetapan di simpan dari langkah sebelumnya. Jadi, Ketika terjadi perubahan, cukup memainkan analisa kemudian periksa hasil yang baru kita peroleh.

KELEBIHAN :

Software dapat digunakan untuk meganalisa permasalahan- permasalahan model struktur. Tekla Structure adalah software pemodelan multi-material dan multi-proses. Kita dapat menentukan dan menganalisa dalam suatu model 3D yang serupa, memperbaiki secara akurat semua pekerjaan struktur. Semua perubahan secara otomatis update sewaktu-waktu dilakukan revisi. Pemodelan dengan waktu singkat dan kemampuan mengoperasikan memberikan hasil manajemen proyek yang efisien. Dan yang paling hebatnya, Tekla Structures sungguh mudah digunakan dan dikuasai.

Tekla Structures dapat digabungkan dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada, atau semata-mata sebagai tempat untuk mengembangkan permasalahan internal biasa. Software ini terhubung dengan berbagai jenis system melewati Tekla Open API, contoh format biasa yang didukung oleh Tekla Structures adalah IFC, CIS/2,SDNF dam DSTV. Contoh dari format yang sudah jadi hak milik yang didukung oleh Tekla Structures adalah DWG, DXF, dan DGN. Berikut ini adalah beberapa tampilan/ screen shoot TEKLA saat digunakan dalam perencanaan struktur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5mkfkOYaWiCGrhKXc2eaG2JuvuQtXrJmXlGddKhSJ0BkRFnC_M2KeHlTUQ5DR9nXJNnKsotFNhZzeAOi5iM77bq1GmFX7znN0-zlQpc8euMa_LdsaVAkHmciphjN9E5TU4bn_7cWQqNU/s400/gambar-tekla.jpg
Gambar 1. Pemodelan Gedung Struktur Baja dengan Tekla

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVvnlufS_U5qWV94FbNG9q54Rd1Vzfq5Zxs1vb75Fj0JhtmzWNBmOyxczlTm5FNz2OxOpyu6uXmrPBz5F60oWSetlr6TBSr1gT6zjxfc7SCNCIN9BY4crP8KxnTqhiq4VylXK1LdxTFQE/s400/Detailing-Accurate_detailing_large.jpg
Gambar 2. Pemasangan dan Penempatan Detail Sambungan secara Langsung dengan Tekla


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_hkWt0B_kh2fCIMXg-q21Xg8HPYtauIN2g0O1YSV84eC32NnuXr0PwiseyjEhZbAVnLhwvhbLYXDSCpnCelx-ZgMDjgV2jU17o4oYlfY_DkXCOgz0kTjleTBgJ4_5-Ij-3-41gEOXzQ8/s400/a9.jpg
Gambar 3. Pemasangan dan Penempatan Detail Sambungan secara Langsung dengan Tekla

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYDbURHD6a-r5t49qJOWJT5FyTVehrxFtmcMMeqdl9MiBA3z1mcbvLYYNz7-q1o7koVkEEsMPPOtBBu38ujwvaxZsedVhqvfLOeJBvss-hEU8THTmymT1TjAPUAeFNhUewcTphkIUgihQ/s400/033109_tekla_structuresv15.jpg
Gambar 4. Pemilihan Jenis- jenis Profil dan Tipe Sambungan yang akan Digunakan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLvWtySAy4aJdvMRedDc4dZXGhj6nJIyWEpjVBQmZbOna1x2GXz40V168wrSKpEcJtwCMP3UJgJoiUc1GmPTZlBFnTO5SD5oynxSx9u5BhMePQSnA42z-jJE7rJ1_C33b9MDK772T8Tdk/s400/3465f8bd96c27f49289205716fc.jpg
Gambar 5. Review dan Controll Model Sambungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXoSzbT1DqZLuWt43wk6pWk0THum2haC6C7B0Q2IDpAYg9szutxk4w-Cd3CKuah4fvzuKCgoNZIE61EGBNfm6AaKbsny9WG3lGI2ub0tD-7o1mrTrfcyBRX7KTSA03GcYdRO5uvY_C9yw/s400/Tekla-Structures-Model-Reviewer-UI.jpg
Gambar 6. Review dan Controll Model Base Plate











BLENDER
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
Pengertian Blender beserta Kegunaannya
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
blender_layout
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
§  Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
§  Ram 64Mb
§  VGA 4Mb
§  Disk Space 35Mb
§  Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
§  Microsoft Windows
§  Mac OS X
§  Linux
§  IRIX
§  Solaris
§  NetBSD
§  FreeBSD
§  OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
§  Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
§  Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
§  Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
§  Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
§  UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
§  Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
§  Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
§  Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
§  Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
§  Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
§  Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
§  Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
§  Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
Kelebihan Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
§  Open Source
Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
§  Multi Platform
Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
§  Update
Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
§  Free
Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
§  Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
§  Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
§  Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

















ARTLANTIS
Artlantis adalah software render grafik 3D tercepat (berdiri sendiri bukan plugin) yang dikembangkan utamanya untuk arsitek dan desainer, cocok untuk menciptakan resolusi tinggi 3D rendering dengan cepat dan mudah, QuickTime VR Panoramas, QuickTime VR Objek dan animasi. Dikenal memimpin dalam teknologi jendela pratinjau, Artlantis adalah perangkat lunak render yang digunakan oleh arsitek, para perancang dan desain perkotaan profesional di lebih dari 80 negara.
Keunggulan Artlantis terdapat pada waktu render yang cepat, kemudahan navigasi (preview render real time) dan perbaruan data CAD kedalam model secara instant, dengan tetap mempertahankan seting material, cahaya dan posisi kamera dari file sebelumnya.








Sumber          :
http://www.autodesk.com/products/revit-family/overview
https://originallathe.wordpress.com/2013/04/07/apa-itu-lumion-dan-rendering-lumion/
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar